Pengalaman ikut audisi '2017 S.M ENTERTAINMENT GLOBAL AUDITION'



Hai! Apa kabar? Sudah lama aku nggak mampir di blog ini. Blog-ku ini kemarin sempet aku private gara-gara ada suatu hal dan aku pengen ngedit lagi tulisannya biar lebih rapi.
Oke, aku mau menceritakan pengalaman aku ikutan audisi S.M Entertainment Global Audition di kota Semarang, pada tanggal 16 Juli 2017. Ngga nyangka ya, udah hampir satu tahun yang lalu. Time flies so fast :')
Jadi gini, aku tu sebenernya awalnya iseng gitu kan ikut audisi kayak gini, pengen ngerasain ikutan audisi dari agensi artis ternama dari negeri ginseng Korea Selatan, SM Entertainment. Pengen mencoba memberanikan diri tampil di muka umum + di nilai sama juri, jurinya juri dari Korea pula. Sebenernya ragu sama diri sendiri, ikut nggak ya? Ya gimana nggak ragu, aku nggak ada basic buat jadi entertainer. Dance? Nggak bisa. Akting? Bisa dikit, pernah akting di depan kaca, tapi pas lagi di rumah sendiri, kalo depan orang ya malu. Nyanyi? Bisa sih. Tapi suara b-aja, nggak yang sedahsyat Whitney Houston atau Celine Dion. Itupun nyanyinya beraninya kalo lagi di kamar mandi, hehe.
Tapi pengen ikut. Yaudah, akhirnya aku memutuskan untuk ikutan audisi SM Entertainment bareng sama temenku. Tapi sebelumnya harus daftar dulu, bisa melalui web officialnya SM town, atau bisa juga melalui email. Ngga perlu aku jelasin lagi ya, kalian bisa search sendiri di google atau klik ini →   Tutorial Mendaftar Audisi SM Entertainment di Indonesia Tahun 2018
For Your Information, aku tau ada audisi SM di Indonesia gara-gara lihat postingan following aku di instagram. Seperti ini :




Beberapa hari sebelum audisi aku latihan terus di rumah, sepulang kerja aku usahakan untuk menyempatkan waktu menghafalkan lagunya mbak Taeyeon yang judulnya missing you like crazy. Aku pilih lagu ini karena pronunciation-nya nggak terlalu susah dan aku suka banget pas di bagian reff nya.   
"Michige bogo sipeun saraaaam..'' , pokoknya lagu ini sedih banget. Mengingatkanku pada sang mantan.
Dua minggu sebelum audisi aku di kirimi email konfirmasi mengenai lokasi dan waktu audisi oleh SM. Kayak gini nih :


Sekitar jam 6 sore aku dapet email itu dan seneeeeng banget. Rasanya kayak dapet balesan chat dari gebetan gitu haha. Jingkrak-jingkrak, senyum-senyum sendiri, ya pokoknya gitu deh :')
Berhubung audisinya udah selesai jadi nggak masalah kan ya kalau aku share email pemberitahuan lokasinya.

Daaaan tibalah saatnya pada hari H audisi, tanggal 16 Juli 2017. Hari bersejarah nih, seumur hidup baru pertama kali nyanyi di hadapan khalayak. Udah nyanyinya pake bahasa Korea, di rekam pula.

Aku naik bis dari Salatiga jam setengah 9 pagi, sampai Semarang kurang dari jam 10. 
Pkl. 09.45 udah sampai Banyumanik Semarang, setelah turun dari bis aku sama temenku bingung mau naik apaan ke hotel tempat audisi, rencananya sih mau naik ojek online tapi berhubung sinyalnya jelek banget dan sama sekali ngga ada koneksi internet akhirnya kita memutuskan untuk naik taksi yang ada di depan swalayan ADA. 
Kurang lebih setengah jam sudah sampai di hotel gets yang terletak di Jalan MT. Haryono.
Ini nih hotelnya :



Di depan hotel udah ada banyak orang, sebagian besar para orang tua yang mungkin mengantarkan anaknya ikut audisi. 
Sebelum masuk ke dalam hotel kita para peserta audisi di haruskan untuk menunjukkan email pemberitahuan lokasi dari SM Entertainment kepada security yang udah stand by di depan hotel. Ruang audisinya ada di lantai dua.
Aku, temenku, dan beberapa peserta lain naik lift menuju lantai dua. 
Di sana sudah ada banyak sekali yang mengantri. Aku dapet nomor antrian 10183, kertasnya di tempel di dada sebelah kiri dan bagi yang mempunyai rambut panjang wajib di ikat, biar nomornya nggak ketutupan rambut.


Setelah mendapatkan nomor antrian kita para peserta audisi di suruh masuk ke ruang tunggu semacam ballroom gitu. Di ruangan itu ada layar besar yang menampilkan MV artis-artis SM.
Kita di suruh duduk di kursi yang sudah di sediakan, lalu staff SM memberikan formulir kayak gini :


Setelah ngisi formulir aku santai-santai dulu tuh, belum ngerasa deg-degan, ada MC di depan yang sedang menjelaskan aturan-aturan mengikuti audisi. Waktu itu aku nggak terlalu memperhatikan apa yang di jelaskan oleh MC, aku fokus sama para staffnya SM yang tampan nan rupawan hehe. Mereka sibuk kesana-kemari di dalam ruangan. Dan kemudian si bapak MC-nya nyuruh nomor antrian 1 sampai dengan 90 (kalau nggak salah) untuk bersiap-siap menuju ruang audisi. Aku waktu itu mikir kalau giliranku masih lama, aku kira aku adalah antrian yang ke-sepuluh ribu tapi ternyata perkiraanku salah, ternyata nomor urutnya itu berdasarkan 3 nomor terakhir, jadi aku dapet urutan yang ke 183. Aku langsung deg-degan tuh, aku berusaha untuk rileks. Tarik nafas, keluarkan. Tarik nafas, keluarkan. Gitu terus. Emang mau lahiran -_-

Tibalah saatnya kloterku di suruh untuk menuju ruang audisi. Jadi, di dalam ruangan itu ada 30 orang. 10 orang berdiri di depan juri, nah yang 20 duduk nunggu giliran. Yang bisa aku lakuin saat itu hanyalah berdoa.


JENG JENG JENG~


Pintu ruang audisi di buka, di dalam ruangan udah ada 1 juri asli Korea yang terlampau cantik mirip ini :



Dan satu cewek yang mengoperasikan kamera, dia ini bisa ngomong bahasa Indonesia tapi masih belum fasih. Tugasnya adalah merekam para peserta audisi ketika sedang menunjukkan kemampuannya dalam bidang entertainment. Kalau jurinya, jurinya bisanya cuma senyum dan ngangguk-ngangguk doang. Sama sekali nggak bisa bahasa Indonesia.
Waktu lagi duduk nunggu giliran jantungku dag dig dug kenceng banget, berusaha untuk rileks tapi nggak bisa. Duh pokoknya horror gitu deh rasanya. Serem, lebih sereman ini ketimbang ketemu setan :( Ini di karenakan kepribadian aku yang introvert. Mungkin berbeda jika kalian berkepribadian ekstrovert atau sanguinis.

Nah nggak lama kemudian tibalah kloterku yang disuruh maju ke depan juri. Sepuluh orang termasuk aku baris berjejer di depan juri, aku urutan yang ke-tiga. Sumpah, aku deg-degan banget, ndredek, nervous parah. Sebelumnya aku nggak pernah ikutan audisi kayak gini, nggak pernah tampil di tempat umum atau orang banyak. For the first time! Mau nggak mau aku harus melakukannya, aku harus mengeluarkan suaraku untuk bernyanyi. Setelah temen sebelahku selesai nyanyi, kini giliranku. Ya Allah, aku lupa lirik. Pikiranku ngeblank, tapi alhamdulillah nggak lama kemudian inget lagi.

Kamera mulai mengarah ke wajahku, dan aku mulai bernyanyi. Jantung semakin deg-degan parah!

Michige bogo shippeun saram
Michige deutgo shippeun neoui hanmadi
Saranghae saranghaeyo geudaeneun eoditnayo
Gaseum gipi bakhin geuriun saram

Suaraku bergetar :(
Saking nervousnya suaraku jadi nggak sebagus pas latihan. Sedih, pengen nangis :'(

Pas bagian highnote nya suaraku nggak nyampe ( padahal pas latihan nyampe-nyampe aja ) wkwk yaudahlah penting nyanyi.
Pas aku mau nyanyi bagian "Yeongwonhi ganjighalleyo~" (Ini bagian paling terakhir) jurinya bilang "ne" (kalau dalam bahasia Indonesia artinya oke, baik.) 
Padahal itu belum selesai lho.
Yaudah deh akhirnya aku berhenti nyanyi, dan jurinya nglihatin aku sambil senyum gitu. Mungkin si juri mbatin gini kali ya : "Lah, masih ada lagi. Kirain udah selesai."

Udah. Udah plong, tapi kesel. Keselnya karena nggak bisa tampil secara maksimal. Setelah barisanku udah nyanyi semua, kita disuruh keluar dan di persilahkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Jika lolos ke tahap berikutnya maka SM akan memberitahu lewat email, pemberitahuannya satu bulan kemudian. Aku udah yakin nggak bakalan lolos, yang keren dan bagus banyak banget. Aku mah apa atuh, hanya sebutir nasi kering yang nempel di pinggiran magic com :')
Yaudahlah, yang penting udah mencoba, dapet pengalaman baru, ketemu sama banyak anak muda Indonesia yang berbakat.

Keluar ruangan aku langsung badmood, muka bermuram durja semacam nggak punya gairah hidup.


 ***

Baiklah, cukup sekian ya cerita pengalamanku ikutan audisi S.M Entertainment. 
Unforgettable experience. Untuk kalian yang tahun ini pengen ikutan audisinya, jangan takut pokoknya. Jangan minder, percaya sama diri kalian kalo kalian mampu, kalian bisa, kalian hebat. Lumayan nambah pengalaman, kalo misal nggak lolos gapapa, lumayan bisa ketemu oppa tampan disana, hehe. Goodluck!

Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak sudah membaca :)

Jika teman-teman ada pertanyaan, silakan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini ya!
Kalo ada waktu luang, aku akan membalasnya satu persatu.
Atau kalau pengen fast respon silakan DM dan follow instagram aku @atika30895
Tenang aja, pasti aku follback, tapi dm dulu ya :)
Terimakasih.
xoxo



***


Komentar

  1. Hai kak, aku juga audisi di semarang tapi dapet yang jam 3 ^^ pas audisi kemarin ada peserta yang ditahan nggak ya??
    Aku denger denger di kota jakarta sama surabaya gitu pada ada yang ditahan, kok kemarin aku di semarang ga nemu orang yang ditahan ya.. Sistem audisinya yang semarang juga lumayan beda sama yang aku denger di kota lain.. .____.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dek, salam kenal :) Yang seruangan sama aku ada kok yang di tahan, dia cewek dan suaranya emang bagus sih.

      Hapus
    2. saya pas audisi di jakarta di tahan sama juri tapi sampe sekarang belum ada konfirmasi dari pihak S.M

      Hapus
    3. Waaa kamu di tahan? Selamat yaa :) Di tunggu aja. Good luck!

      Hapus
    4. Saya audisi di surabaya. Saya ditahan terus di pindah ke ruang yg lain dan sampe tahap foto wajah ,tapi sampe sekarang belum ada konfirmasi dari pihak sm.
      Saya takutnya salah nulis gmailnya :v

      Hapus
    5. Waah beruntungnya sampai tahap foto wajah. Ditunggu aja, mungkin staff SM lagi sibuk, dan di inget-inget lagi dulu pas nyantumin email salah atau nggak, kan sayang kalau misal udah dapet konfirmasi eh ternyata salah nulis email. Good luck yaa! :)

      Hapus
    6. Semisal salah tulis gmail gimana??

      Hapus
    7. Hai kak,salam kenal ya,aku audisi di jakarta hehe dan aku sama kaya teman teman di atas,ditahan oleh juri,disuruh perkenalan,disuruh pose untuk foto,dan ditanya tanyain gitu hehe,semangat ya kita,semoga aja desember ada kejelasan 😊

      Hapus
    8. Hai! Salam kenal juga :) Waaah kamu beruntung sekali. Semoga segera dapet konfirmasi dari SM ya dan lolos jadi trainee, di tunggu aja! Semangaaat ^^

      Hapus
    9. Kak klo yg menang ,kok gk di public kin sama sm ya?

      Hapus
    10. Kak boleh gk klo ikutan SM GLOBAL memakai hijab?😊

      Hapus
    11. Kak boleh gk klo ikutan SM GLOBAL memakai hijab?😊

      Hapus
    12. Hai Tiara. Maaf nih baru sempet bales. Aku ngga tau kenapa SM ngga mau mempublikasikan siapa aja yang lolos. Ya mungkin biar lebih private kali ya.
      Dan di perbolehkan memakai hijab kok, tenang aja :')

      Hapus
  2. Ooh. Jadi yang ditahan itu yang lolos, aku pikir.. Mendapatkan pemberitahuan email, hemm.. Ternyata secara exclussive..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bilang yang di tahan belum tentu lolos, aku nggak tau juga sih soal ini. Tapi kalau menurut aku kemungkinan besar yang di tahan itu ada peluang untuk lolos. Buat yang nggak di tahan kayak aku ini ya berdoa aja dan sering-sering nge-cek email siapa tau beruntung dapet email konfirmasi lolos dan jadi trainee nya SM. Semangat!

      Hapus
  3. Makasih banget kak infonyaa, berguna :)
    aku udh daftar nih buat audition yg dimalay:( tp udh 2 minggu lebih gk dibales2. Jd deg2an apa salah email atau gimana kak:(
    Oh iya kak, mau nanya, kmrn kakak pake baju apa gitu ? Hehe kira2 tips buat ootdnya apa ya? Makasih kak:) Have a great day ahead!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! terima kasih juga sudah membaca :)
      Tenang aja, aku dulu juga nunggu lumayan lama kok, hampir satu bulan. Yakin aja deh pasti di bales :)
      Btw, kamu orang Indonesia atau Malaysia?
      Aku waktu audisi pakai off shoulder + overall dress. Kayak gini nih contoh ootd yang kemarin aku pakai -> https://www.instagram.com/p/BM-5LYilgRQ/?taken-by=jkt48yupi

      Kamu ambil sing, dance, or acting? Saran aku, kalau kamu ambil sing, kamu bisa pakai dress, rok, atau celana, terserah kamu, tergantung sama selera dan kepribadian kamu, kamu nyamannya pakai apa. Kalau dance, lebih baik pakai celana atau pakaian yang nyaman dan simpel sehingga bebas melakukan gerakan.
      Semoga membantu ya :) Good luck! ^^

      Hapus
    2. Oh iya aku ambilnya sih sing min, kalo lagunya dulu admin nyanyi apa ya? Hehe ^^ rata2 pada nyanyi apa yaa:( makasih sekali lagi min^^


      ( maaf mendadak panggil admin 😅 harusnya kakak yaa:) )

      Hapus
    3. Aku nyanyi lagunya Taeyeon - Missing you like crazy. Rata-rata nyanyi lagu barat, yang lagu Indonesia juga ada.
      Rencananya kamu mau nyanyi lagu apa? :) Saran aku, pilih lagu yang emang bener-bener kamu kuasai ya~

      Oh iya, panggilnya 'kak' aja ya biar lebih akrab hihi

      Hapus
    4. Aku sih maunya listen yg beyonce atau love on top:( msh menggalau antara dua ituu kak :( hehe

      Tp blm dikirim tempat audisinya sama sm, jd msh takut bgt email aku gk dibales kak😅😅

      Hapus
    5. Listen aja, lagu favoritku itu haha
      Btw, audisi di Malaysia tanggal berapa sih? tungguin aja sampai H-1, mungkin si staffnya SM lagi sibuk. Semangat! ^^

      Hapus
    6. Wkwk siap kakk☺
      Tgl 11 nov kak, kan aku daftar 2 kali, kalo lewat web udh 3 minggu lebih sedangkan kalo lewat email udh mau 1-2 minggu kak:(

      Kalo h-1 kan kesananya susah:( apa masuk spam ya? :(
      Semoga dibales malem iniㅠㅠ amin wkwk


      Oh iya kak mau nanya, kalo pas kakak audition kmrn yg nyanyi rata2 lagunya siapa / lagu apa ya kak? Makasih kak maaf ganggu dan nanya2 terus, sama pertanyaannya itu2 terus abisnya deg2an:(( :')

      Hapus
    7. Kamu udah daftar lewat web kan ya? kalau udah lewat web, tenang aja, pasti di bales kok :) . Kayak aku dulu, aku daftar dua-duanya, lewat web dan email, eh yang duluan di bales yang daftar lewat web, katanya sih kalau yang daftar lewat web itu bakal cepet dapet respon dibanding yang daftar lewat email dan data kita ngga bakalan masuk spam. Tungguin aja deh sampai akhir bulan.

      Mmm yang seruangan sama aku macem-macem lagunya, ada yang nyanyi lagunya whitney houston - I have nothing, james arthur - impossible, MLTR - nothing to lose, sia - chandelier, taeyeon - closer, crush - beautiful (ost. goblin), westlife - If I let you go, Christina perri - a thousand years. Kebanyakan sih mereka nyanyiin lagu-lagu yang ngga asing di telinga ( cukup populer ).

      Ngga papa, kalau ada yang pengen di tanyain tanya aja, senang bisa membantu ^^ . Oh ya, kamu kenapa nggak ikut yang di Indonesia?

      Hapus
    8. Iyaa kak semoga cepet dibales udh takut bgt aku gk dibales wkwk *maaf lebay kak:(*


      Oh okee kak makasih ya kak atas info2nya membantu bangett:))


      Karena complicated gitu lah kak, miskom sm ortu jdnya begini dehh hehe^^

      Hapus
  4. Terimakasih atas jawabannya min^^ aku org indo hehe😅


    Aku takut banget gk direply gitu kan gmn ya:(

    Makasih juga atas saran ootdnya dan goodlucknya min! ^^ have a nice day:)

    BalasHapus
  5. Kak kalau lewat gmail bisa ya?soalnya aku daftarnya lewat gmail^^mohon dibalasya makasih

    BalasHapus
  6. Kak, aku mau nanya lagi dong kak^^ hehee sebelumnya maaf mengganggu ( lagi ) kak


    Kalau pas hari H apa perlu bawa barang tertentu gk kak? Kyk dokumen2(?) Atau hal2 yg berbau dengan musik kyk misalnya sertifikat musik ( kalau ada ) ? Kakak bawa apa aja pas audisi kak? Hehe

    Makasih lagii kak ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu bawa dokumen-dokumen / sertifikat musik, cukup bawa bolpoin dan buku aja ya buat jadi landasan pas nulis formulir, bawa cemilan dan minuman juga perlu kok, biar nggak kelaperan pas lagi nunggu giliran wkwk. Yang terpenting nyiapin mental aja, jangan sampai lupa lirik kayak aku haha. Good luck! ^^

      Hapus
    2. Oh iya, sama bawa kuncir rambut ya, karena rambut harus di ikat biar nggak menutupi nomor audisi yang tertempel di dada :)

      Hapus
  7. Hai kak salam kenal:)
    Makasi ya kak udah mau sharing mengenai sm global audition. Bisa buat pembelajaran dan persiapan buat sm global taun depan..( emang ada ya kak?) 😁 soalnya rencana taun depan excitedd pengen daftar kaa..

    Btw itu kan ada beberapa kategori (nari,nyanyi,akting modeling), apa kita harus do it all kak? Atau kita boleh pilih sesuai skill kita?
    Trus nanti pas udh giliran kita, kita nyanyinya didepan juri dan lihat juri apa lihat ke kamera kak?

    Mohon bantuannya ya kak..😊
    Neomu kamsahamnida😇💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Salam kenal juga :)
      Mudah-mudahan tahun depan di adakan lagi ya.

      Kamu pilih salah satu aja, sesuai skill kamu. Nyanyinya lihat kamera ya, jangan lihat juri, nanti grogi haha.
      Senang bisa membantu, kalau ada pertanyaan lagi silahkan di tanyakan ^^

      Hapus
  8. Hai kakak..
    Kira kira audisi berikutnya kapan ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dear! belum tahu, semoga tahun depan di adakan lagi ^^

      Hapus
    2. Hai kaa mau nanya klo waktu pas kaka ikut audisi ada yg berhijab ga ka ? Trus boleh berhijab ga?

      Hapus
  9. Kak aku mau nanya dong hehe batasan umur buat audisi sampai umur berapa sih?? Ada nggak sih yang umur 20 tahunan ke atas ikut audisi kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada batasan umur, aku aja udah umur 22 tahun ikutan audisi. Tapi ada peluang besar kalau usiamu masih muda, di bawah 17 tahun. Biar nanti pas debut usiamu udah menginjak dewasa :)

      Hapus
  10. Sm dia mau dance yg macam mana kak? Hiphop ke breakdance? Atau dua2

    BalasHapus
  11. Kak alamat email nya sm yy dipake ngirim sebelum di konfir alamat itu apa ya? Terus kita ngirim apa aja tuh di email nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya alamat email untuk pendaftaran?
      Kalau kamu daftar melalui email, kamu cantumkan nama, tanggal audisi, kota audisi, dan sertakan foto kamu atau video nyanyi / dance kamu selama 30 detik (pilih salah satu ya, mau foto atau video).

      Hapus
  12. kira-kira kabar pemberitahuan lolosnya audisi kapan ya? Aku salah satu orang yang ikut Global Audition di Jakarta. Salam kenal kak </3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal juga. Sampai sekarang aku nggak tau kapan pemberitahuan lolos audisinya. Katanya sih satu bulan setelah audisi diadakan, sedangkan ini sudah 5 bulan. Mungkin kalau menurutku, yang lolos sudah di beritahu oleh pihak SM, sedangkan yang tidak lolos tidak diberitahu. Nah buat yang sampai detik ini nggak ada pemberitahuan mengenai lolos atau tidaknya kamu setelah mengikuti audisi, kemungkinan besar kamu tidak lolos.
      Fighting ya! Jangan patah semangat :)

      Hapus
    2. Kak klo seumpama aku ikutan audisi berdua sama saudaraku itu kira kira boleh nggk y?mksd ku kayak duo grup gitu kak

      Hapus
  13. Hai kak, mau nanya. Itu waktu udh giliran kita maju, kita disuruh pilih mau ngedance/nyanyi atau kita disuruh nyanyi dan ngedance kak? Atau bahkan disuruh ngerap juga:v Tlg dijawab ya kak, makasih banyak loh ya. Salam kenal kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal juga :)
      Jadi begini, sebelum audisi di depan juri kamu bakalan di kasih kertas formulir oleh staff SM. Kamu disuruh milih salah satu dari beberapa kategori yang ada. Nah, ketika kamu udah maju di depan juri, juri akan lihat formulir kamu. Misal kalau kamu pilih nyanyi, maka yang satu baris denganmu juga harus nyanyi semua, mungkin biar jurinya mudah menilai.
      Oh ya, aku pernah baca beberapa pengalaman dari peserta yang di tahan, katanya mereka juga di suruh nyanyi dan ngedance. Kalau saran aku sih mending kamu belajar semua kategori (tapi lebih dominan nyanyi dan dance) biar nanti kalau seandainya kamu di tahan, kamu udah ada persiapan. Good luck ya! ^^

      Hapus
  14. Kak mau nanya, daftarnya kan ngirim video lagu terus kalo audisi langsung harus pake lagu yang dibawakkan di daftar online atau boleh ganti lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun ini ada diadakan lagi kan kak, aku udah daftar cuma kok belum dapet balasan email. Uda seminggu lebih:( takutnya salah email kalo gak emang gak lolos :(:(

      Hapus
    2. Hai salsabila, harus sabar menunggu ya, tungguin aja sampai H-1 audisi. Yang daftar kan banyak tuh, jadi harap bersabar. Aku juga dulu nunggunya lama kok.

      Hapus
  15. hai ka salam kenal ya

    aku mau nanya kan dipendaftaran itu disuruh kirkm foto/video. nah videonya itu video apa ka?

    dan waktu lagi maju didepan juri, kalo aku milihnya dance. bakalan disuruh nyanyi juga gak ka?

    kalo ngerapp gitu boleh gak ka? dan waktu didepan juri mesti ngenalin diri dulu gak ka? makasih kak. maaf ya pertanyaannya banyak. soalnya soon aku mau ikutan^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dear, salam kenal juga ya~
      Video kamu lagi nyanyi kalau nggak lagi ngedance ( pilih salah satu ya )
      Enggak dek, kalau kamu udah milih dance, yaudah kamu tunjukin aja skill dance kamu. Disuruh milih salah satu kok :)

      Ngerapp? emmm aku ga tau sih kalau soal ini, soalnya kategorinya hanya ada actor / actress, singer, model, comedian, dancer, mc. Di luar kategori yang sudah di tentukan aku ngga tau.
      Kamu ngga usah memperkenalkan diri, kelamaan hehe. Langsung aja tunjukin skill kamu, untuk mempersingkat waktu.
      Good luck ya! Semoga jawabanku membantu.

      Hapus
  16. hai kak salam kenal
    saya mau nanya kak ! saat audisi ada yang pakai jilbab gak kak?
    maaf kalau mengganggu kak! terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dear, salam kenal juga :)
      Ada kok yang pakai jilbab, lumayan banyak juga. Kalau kamu berhijab, so jangan ragu-ragu buat ikutan ya.

      Hapus
  17. hai kak salam kenal
    saya mau nanya kak ! saat audisi ada yang pakai jilbab gak kak?
    maaf kalau mengganggu kak! terima kasih!

    BalasHapus
  18. Hai kak, salam kenal.
    kak, kalo cuma bisa dance tapi nyanyi nya pas"an gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii, salam kenal :)
      Ngga papa, tunjukin aja skill dance kamu, siapa tau jurinya terpikat, hehe

      Hapus
  19. Kak perasaanya sma stlah selesau audisi mirip buanget sm aku pas selesai audisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Waaah aku ada temennya haha salam kenal ya ^^

      Hapus
  20. Kak katanya audisinya gaboleh makeup emg bener?? Hehehe makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dimakeup kok, asal jangan berlebihan aja.

      Hapus
    2. Boleh di makeup kok, tapi tipis aja ya, natural look.

      Hapus
  21. Kak mau nanya,
    Kan ada audisi yang kategori komposer (lirik lagu), terus harus bawa file lirik lagu atau file demo. Maksudnya kayak mana tu kak?
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini nih. Aku ga ambil kategori ini jadi kurang begitu paham. Kalau menurut aku, kategori komposer ( lirik lagu ) itu kamu disuruh membuat / mengarang lagu. Jadi, kamu perlu untuk menentukan tangga nada, menentukan irama, menyusun melodi, syair lagu, dan juga menyertakan lirik lagu. Terus kayaknya kamu juga harus menyertakan rekaman suara kamu saat nyanyi lagu ciptaan kamu. Filenya save di usb / cd lalu di serahkan kepada juri, setelah itu boleh langsung pulang. Ini kategori yang ribet kalau bagi aku, tapi ada enaknya, enaknya kamu diperbolehkan langsung pulang.

      Semoga membantu ya jawabanku :)

      Hapus
  22. Hai kak, mau tanya nih kan aku ada rencana mau ikut SM global audition untuk tahun 2018 aku mau nanya pas daftar email itu kan disuruh nulis tanggal dan itu maksudnya tanggal apa ya kak? Tgl lahir kita atau tgl audisi hehe tolong bales ya kak makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai ^^
      Tanggal audisi, dek.
      Aku juga dulu nulisnya tanggal audisi.

      Hapus
  23. hai kak, aku mau nanya. kan aku ada rencana buat ikut yang taun depan, nah bagian modeling. menurut kakak, style untuk audisi nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiiii. Style nya bebas sih, yang penting rapi, good looking, dan kamu bisa berpose layaknya model di depan kamera.

      Hapus
  24. Halo kakak aku pingin nanya dong, jadi tgl 24 maret 2018 ada audition sm entertanment, nah kakak pas masuk kan nunggu giliran kakak, itu nyanyinya pas disuruh atau gimana ya? Bs ceritakan sedetailnya gak? Dan kita nyanyi tanpa mic+musik kan kak? Pls ceritakan sedetailnya dr kakak duduk/menunggu sampai selesai makasih gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Waktu aku masuk ruangan audisi, ada 10 orang baris berjejer nyanyi di depan juri, aku duduk dulu tuh sambil nglihatin mereka. Setelah mereka selesai, giliran 10 orang nomor urut selanjutnya ( termasuk aku ) maju baris berjejer di depan juri.
      Waktu udah berdiri baris berjejer di depan juri, ya udah langsung nyanyi aja berdasarkan nomor urut, setelah nomor urut sebelumnya selesai nyanyi, langsung nomor urut selanjutnya. Kalau kamera udah mengarah ke wajahmu, berarti kamu bisa langsung mulai (nggak usah nunggu disuruh). Iya, nyanyinya tanpa mic dan tanpa musik. Setelah barisanmu selesai nyanyi semua, kameramennya yang bisa bahasa Indonesia bakalan nyuruh kamu untuk keluar ruangan audisi. Kecuali kalau kamu di tahan. Kalau kamu di tahan, kamu di suruh stay dulu di dalam ruangan. Disuruh nyanyi lagi, disuruh memperkenalkan diri, ada juga yang disuruh ngedance, ada juga yang di foto.

      Semoga jawabanku membantu ya :)

      Hapus
  25. Halo kakak aku pingin nanya dong, jadi tgl 24 maret 2018 ada audition sm entertanment, nah kakak pas masuk kan nunggu giliran kakak, itu nyanyinya pas disuruh atau gimana ya? Bs ceritakan sedetailnya gak? Dan kita nyanyi tanpa mic+musik kan kak? Pls ceritakan sedetailnya dr kakak duduk/menunggu sampai selesai makasih gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Waktu aku masuk ruangan audisi, ada 10 orang baris berjejer nyanyi di depan juri, aku duduk dulu tuh sambil nglihatin mereka. Setelah mereka selesai, giliran 10 orang nomor urut selanjutnya ( termasuk aku ) maju baris berjejer di depan juri.
      Waktu udah berdiri baris berjejer di depan juri, ya udah langsung nyanyi aja berdasarkan nomor urut, setelah nomor urut sebelumnya selesai nyanyi, langsung nomor urut selanjutnya. Kalau kamera udah mengarah ke wajahmu, berarti kamu bisa langsung mulai (nggak usah nunggu disuruh). Iya, nyanyinya tanpa mic dan tanpa musik. Setelah barisanmu selesai nyanyi semua, kameramennya yang bisa bahasa Indonesia bakalan nyuruh kamu untuk keluar ruangan audisi. Kecuali kalau kamu di tahan. Kalau kamu di tahan, kamu di suruh stay dulu di dalam ruangan. Disuruh nyanyi lagi, disuruh memperkenalkan diri, ada juga yang disuruh ngedance, ada juga yang di foto.

      Semoga jawabanku membantu ya :)

      Hapus
  26. Kakak, kalo ambil sing boleh sambil bawa gitar ga? Di audisi kemarin ada yang sambil pake gitar ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh :) Nyanyinya acapella, artinya vokal aja, tanpa alat musik dan tanpa instrumen. Di audisi kemarin nggak ada yang pakai gitar atau alat musik apapun.

      Hapus
  27. kak aku dah follow ig kakak tolong di follback ya soalnya juga mau tanya tentang audisi sm nama ig aku mergianemargaretha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak boleh mnta nama ig gak buat nanya2 soal audisi SM 2018

      Hapus
    2. Nathalia Rilly : Boleh, ini ya @atika30895

      Hapus
    3. Kak followbck ig aku ya ig: nathaliarilly

      Hapus
  28. annyeong kak.
    kakak, aku mau nanya. karna saya seorang muslim, dan ingin mengikuti sm global audition mendatang, saya masih ragu kak untuk mengikuti audisi nya nanti akan lepas hijab atau tidak. karna takut juri tidak menerima atau tidak suka. jadi saya mau nanya ke kakak, kan kakak udah pernah ikutan audisi sm, kakak selama di audisi pernah ngeliat peserta yang pakai kerudung ga? makasih ka maaf ganggu karna pertanyaan aku yg klo gajelas menurut kakak hehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annyeooong ^^
      Waktu audisi ada lumayan banyak kok yang berhijab, di perbolehkan memakai hijab. Jadi, jangan ragu-ragu buat ikutan ya.

      Hapus
  29. kak aku mau nanya lagi dong. kan kalau misalkan kita ikutan audisi sm nya nyanyi, itu boleh nyanyi sambil main musik ga? misalnya nyanyi sambil main gitar gitu boleh ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak boleh pakai alat musik. Cuma vokal aja.

      Hapus
  30. Hai kak 2018 kan bakal di adain audisi lagi kakak ikut lagi apa ngak terus kakak dence apa nyanyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii. Tahun 2018 Semarang nggak masuk list kota audisi, nggak jadi ikut lagi deh. Padahal sebenernya pengen ikut lagi :(

      Hapus
  31. Haii kak makasih buat infonya..
    Kira-kira kalau buat video dance apa yang cocok ya ??
    Maaf ganggu kak, btw salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal juga windha ^^
      Coba deh buat video dance lagunya jessie j - domino, kalau nggak dawin - dessert. Karena dua lagu itu yang dulu di puter pas audisi.

      Hapus
    2. ohhh,..
      oke mkasih kak, btw kasih tau dong kak biar bisa lolos pas pendaftaran. Siapa tau kan udah latihan buat video sampai badan sakit semua, trus pas pendaftarannya nggk lolos..

      Hapus
    3. Yang penting alamat email yang kamu kirimkan udah benar. Semua bakal dapet pemberitahuan tempat audisinya kok, mohon bersabar karena lumayan lama nunggunya hehe. Saran aku kalau pengen cepet dapet respon mending daftar lewat website officialnya SM TOWN aja https://audition.smtown.com/link/globalauditionmain/kor , tapi harus daftar dulu jadi membershipnya website SM TOWN.

      Hapus
    4. Kak kalo audisi disana harus bisa bahasa korea gak? Jadi audisinya pilih salah satu kak? Gak semuanya? Kirain semuanya :D

      Hapus
    5. oh,, jadi pasti semua dikasih pemberitahuan?.. Oke lah maksih? Kak nggk niat ikut lagi??

      Hapus
    6. AziizuMeilani : Nggak harus bisa bahasa Korea, karena nanti disana juga ada staff yang bisa bahasa Indonesia. Iya, pilih salah satu aja ya, jangan di borong semua haha

      Hapus
    7. windha : Iya. Pengennya ikut lagi, tapi jauh-jauh semua dari tempat tinggalku, nggak jadi deh.

      Hapus
    8. Berarti nggk harus kirim video dance kan kak?? Maaf kbnyakan nanya hehehe..
      Q jg jauh kok kak, tpi ya pengen ikut siapa tau diterima gitu. Hehe..

      Hapus
    9. Nggak harus. Pilih salah satu aja ya, mau kirim foto aja atau video (nyanyi/dance). Lebih simpel sih ngirim foto aja hehe

      Hapus
  32. Ka, aku kan niatnya pengen ikut yang 2018 di Bogor/ Bandung. Nah, aku pengen nanya kaka masukin form nya berapa hari/ berapa bulan sebelum audisi? Soalnya aku pengen cari pencerahan sama memperbaiki diri secara fisik dan skill dulu 😂

    Oh iya, kalau ada yg niat bikin group chat buat calon pendaftar/pendaftar SM Global Audition 2018 tolong dm aku di @daabila_ yah 😂 sumpah baca artikel dan komentar komentar di atas bikin deg degan parah 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen masuk juga ya kalo ada gc calon pendaftar sm 😂

      Hapus
    2. Hai dinda, aku dulu masukin formnya sekitar sebulan sebelum hari H audisi.

      Hapus
  33. halo ka~~ mau tanya nih. kan pas nyanyi itu ya, kita langsung nyanyi atau gimana? trus kira2 pas kakak/yg lain nyanyi durasinya berapa menit? dipotong tiba2 kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh trus kaka pake gaya ga pas nyanyi?

      Hapus
    2. Halo alysia ^^
      Iya, langsung nyanyi aja. Durasinya maksimal 2 menit. Kalau kamu kelamaan ya di potong.

      Hapus
  34. Kak, mau nanya nih,,, kalau kita ikut kategori composer, itu lagu nya harus pake bahasa korea atau boleh bahasa inggris/indonesia?? Terimakasihh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kategori composer alangkah lebih baik kalau pakai lagu berbahasa Inggris. Kalau kamu emang bener-bener mahir bahasa Korea yaudah pakai bahasa Korea aja, itu jauh lebih baik lagi.

      Hapus
  35. Anyeong...
    Kak, tahu kah audisi yg kategori actress/actor kyk gmana? Ada gk temen kakak yg ikutan kat.actress/actor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annyeong. Kategori actress / actor itu kamu di suruh bikin skrip sendiri, lalu acting sesuai skrip yang udah kamu buat ( jangan mengambil / menjiplak dari percakapan yang ada di fanfiction atau drama korea ya ). Yang paling utama kamu harus bisa mendalami karakternya.
      Pas aku audisi nggak ada yang ambil kategori ini :)

      Hapus
  36. Kak Ada yg berhijab gak disana?? Please respon ya^^ kalo misalnya ada aku mau pake hijab aja kalo nggak ya dicoba nggak^^ please respon aku ya kak

    BalasHapus
  37. Kak, aku mw nanya, kalo contohnya aku pengen ikut audisinya, tapi aku nggk tinggal di kota yg tercantum disitu, bisa ikut nggk?

    BalasHapus
  38. Halo kak, kalo misalnya aku pengen ikut audisinya, tapi aku tidak tinggal di salah satupun kota yg tercantum disitu, apakah saya bisa ikut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Bisa dong, nggak harus dari kota yang udah tercantum sebagai kota audisi.

      Hapus
  39. Maaf kak mau nanya kakak tau nggk gimana yg bagian model pas audisi? Terus banyak nggk kak yg ikutan model?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu yang seruangan sama aku kayaknya yang ikut model cuma satu orang, tapi aku nggak lihat gimana dia pas audisinya, soalnya aku ikut nyanyi, jadi yang terlebih dahulu di audisi aku. Model paling terakhir.
      Kalau nggak salah nih, yang ikut model disuruh pose 3 kali.

      Hapus
  40. Halo. Kak, kalau lagu untuk dance performance itu lagu korea atau lagu barat ?

    BalasHapus
  41. Kak Aku Dapat Konfirmasi SM Audition tpi aku gk tauk artinya apaan
    Punya WA gk kak
    Biar aku tanya2 ke kakak
    Terima Kasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. DM aku di instagram ya, nanti aku kasih nomer WA ku. Thankyouuu

      Hapus
  42. Kaa gini aku mau nanya rencana nya sih aku mau ikutan buat audisi tahun ini, sebelum dapet email dari pihak SM itu kita nya ngapain dulu? Atau kirim apa gitu ke email nya atau gimana kaa:' aku kurang paham :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu daftar dulu ya, via email or web. Coba deh buka https://audition.smtown.com/Audition/Global?m=apply&lang=idn .
      Kalau pengen yang lebih simpel, daftarnya via email aja. Tulis nama kamu, tanggal audisi, kota audisi, lampirkan foto atau video kamu, lalu kirim ke alamat email yang udah di kasih tau sama SM melalui web officialnya => www.smtown.com/sm global audition/ Indonesia
      Semoga membantu ya. Goodluck! ^^

      Hapus
  43. Hallo kak, salam kenal 😊
    Mau tanya kak, kan buat daftar audisi itu ada 2 pilihan cantumkan foto atau video. waktu itu kakak daftar audisi pakai apa kak? Foto atau video?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, salam kenal juga asri :)
      Aku waktu itu cuma kirim foto.

      Hapus
  44. Hallo kak salam kenal, aku boleh minta id line kk/ nomor wa ga?karena aku engga pakek ig kak. Aku mau tyk tentang audisi sm, rencana aku mai ikut tahun ini. Terima kasihhh kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, salam kenal juga. Boleh, ini id line aku : @atika30895

      Hapus
  45. Kak aku mau tanya, itu yang ketahan bakalan di suruh nyanyi/dance, atau bahkan ada yang difoto.
    Jadi kita memang harus sudah mempersiapkan diri ya? semisal ditahan itu nyayi sambil dance atau nyanyi trus dance?
    Katanya fotonya nggak boleh dari studio foto yang pro ya kak? trus fotonya lewat HP gtu? atau pake Camera SLR boleh nggak kak? Makasih. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau misal kamu di tahan nih dan kamu di suruh menunjukkan kategori yang lain, ya kamu harus siap. Jadi sebelumnya aku saranin belajar kategori lain di luar kategori yang kamu pilih, ini untuk jaga-jaga semisal kamu di tahan. Nyanyi dulu, setelah itu dance. Bukan nyanyi sambil dance ya :)
      Iya, fotonya lewat hp aja gapapa, kalau mau pakai SLR boleh-boleh aja sih. Yang perlu di perhatikan adalah muka harus kelihatan jelas, tidak perlu pose yang aneh-aneh, dan jangan di edit. Foto harus senatural mungkin.
      Goodluck ya, semoga membantu ^^

      Hapus
    2. Kalau misal kamu di tahan nih dan kamu di suruh menunjukkan kategori yang lain, ya kamu harus siap. Jadi sebelumnya aku saranin belajar kategori lain di luar kategori yang kamu pilih, ini untuk jaga-jaga semisal kamu di tahan. Nyanyi dulu, setelah itu dance. Bukan nyanyi sambil dance ya :)
      Iya, fotonya lewat hp aja gapapa, kalau mau pakai SLR boleh-boleh aja sih. Yang perlu di perhatikan adalah muka harus kelihatan jelas, tidak perlu pose yang aneh-aneh, dan jangan di edit. Foto harus senatural mungkin.
      Goodluck ya, semoga membantu ^^

      Hapus
  46. apakah boleh ikutan audisi memakai hijab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo scroll up comment2 diatas, yang hijab ada yg ikutan juga kok kak ^^

      *maafbantujawabaja

      Hapus
    2. Hai dear, scroll up comment-comment di atas yaaa :)
      Banyaaaaak banget yang tanya ke aku soal boleh tidaknya memakai hijab waktu audisi. Aku jawab sekali lagi, dibolehkan memakai hijab ketika audisi. Dulu ketika aku audisi, disana aku ketemu banyak temen yang pakai hijab. Jadi, jangan ragu-ragu ya. Goodluck!

      Hapus
  47. hai ka, aku mau tanya. kan aku tadi coba2 daftar ya tapi lewat webnya nah katanya tuh udah berhasil gitu. cuma pas aku tanya temen sekelas ku itu sm global audition 2018 nya masih tahap promosi, belum open registration. nah aku bingung. jadi sebenernya udah buka apa belom? kalo belom kenapa kok tadi waktu aku daftar kaya udah diterima gitu regis nya??

    sama satu lagi ka hehe, kalo yang model itu kan katanya cuma jalan kaya di catwalk aja, trus ga disuruh ngapa2in lagi??

    makasih ka :) sorry kalo kepanjangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ^^ . Udah kok, pendaftarannya udah dibuka. Kalau kamu udah berhasil daftar berarti tinggal nunggu email berikutnya mengenai lokasi dan waktunya.

      Iya, jalan kayak di catwalk, terus suruh pose 3 kali kalau nggak salah.
      Good luck yaaa :)

      Hapus
  48. Hai ka, mo nanya..
    Apa bisa yah ikut audisi tapi dikirim video ajah soalnya aku kotanya jauh mau ikut juga yahh iseng" jdi gak dkasih tau ortu :v kalo bisa kira" dikirmmnya kmana yah? Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Raline.
      Kamu harus mengikuti audisi di tempat yang udah di selenggarakan SM, jadi nggak bisa kalau kamu cuma ngirim video aja tanpa audisi langsung di depan juri.

      Hapus
  49. Kak aku mau tanya, kalo misalnya udah daftar lewat web trs daftar lagi lewat email gitu boleh ga? Trus aku kan mau ikut kategori dance, kalo misalnya di email aku kirim video dance apa aku boleh kirim foto juga? Trus fotonya itu yg gimana ya? Setengah badan apa full?
    Terimakasih, maaf kalo banyak
    tanya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok daftar dua-duanya, aku juga dulu gitu. Kalau udah kirim video, yaudah video aja, nggak usah kirim foto lagi. Kan disuruhnya cuma kirim salah satu :)
      Fotonya setengah badan boleh, yang penting mukanya kelihatan jelas ya. Goodluck! :)

      Hapus
  50. Permisi kak tolong di followback ig saya riskanovi7436.buat nanya nanya tentang pendaftaran

    BalasHapus
  51. Kak, mau tanya nih... Waktu kakak audisi, banyak yang pakai hijab? Hehehe

    BalasHapus
  52. Permisi kakak.
    Salam kenal .
    Kau mau tanya nih, kan katanya yg ikutan audisi ada yg pake hijab tuhh.
    Nah.. kakak pernah gak pas dipanggil masuk ruang audisi itu seruangan sama yang berhijab?.
    Soalnya dengar ² , yang pake hijab disuruh lepas hijabnya itu beneran gk kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Banyak banget nih yang nanya begini hehe. Jawabannya: Dulu, yang seruangan sama aku (yang masuk ruang audisi) ada lumayan banyak yang memakai hijab. Dan pihak SM sama sekali tidak menyuruh untuk melepas hijab.

      Semoga temen-temen lain yg berhijab dan membaca commentku ini, nggak akan lagi khawatir/bertanya-tanya yaa. Goodluck.

      Hapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Permisi kak mau nanya, tapi sebelumnya mau minta maaf juga karena nanyanya agak panjang soalnya udah nyaritau kemana mana tapi gak terjawab. Jadi, setelah aku baca baca di banyak sumber termasuk di website ini katanya memang banyak yang pake hijab ya kak waktu audisi. Tapi sekiranya apa kaka tau pernah ada yang berhijab lalu dihold SM atau ngga pernah ada? Dan katanya kalo dihold kan ada audisi/pemberitahuan lebih lanjut lagi buat lolos atau engganya (hold≠lolos), berarti kan belum jadi trainee, apa bisa menolak/mengundurkan diri? Atau ketika dihold itu sudah ada semacem perjanjian/kontrak gitu sehingga bisa jadi harus membayar sekian kalo mau mengundurkan diri? Makasih banyak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maaf aku baru sempet bales. Oke, disini aku jelasin yaa. Kalo misal kamu di hold, bukan berarti kamu akan menjadi trainee, karena setelah dihold kamu bakal di seleksi lagi dengan peserta lain (yang juga dihold). Apakah masih boleh mengundurkan diri? Jawabannya boleh banget. Karena belum ada perjanjian kontrak antara kamu dengan pihak sm.

      Hapus
  55. Hai kak! Aku zahrah aku mau nanya ka, nnti di pas perekmana video buat dikirim ke email boleh pake jilbab ga ya kak? Dan ngerekam nya juga boleh pake hp sma earphone ga ya? Aku takut ga boleh huhu, tolong dibales ya kak! Makasi💚

    BalasHapus
  56. Kak aku mau tanya nih, jadi kan 2020 ini setauku SM masih buka audisi, nah aku mau daftar tapi ada 1 informasi yang aku cari tapi belum kejawab..
    Jadi barusan aku baca blog lain ada yang bilang kalo waktu daftar di email itu disuruh isi selama ini kita udah pernah ikut audisi atau lomba berapa kali dan menang atau ngga...
    Nahh yang mau aku tanyain itu kalo misal akunya belum pernah ngikut² kaya gitu tetep boleh daftar ngga ya?:(
    Ngomong² blog kakak nge bantu aku banget nih, makasi ya kak...
    Dan aku juga udah kirimin pesan lewat line ke kakak, tapi belum kakak bales hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii, maaf ya baru bales. Kalo kamu pernah ikutan semacam audisi pencarian bakat gitu silakan di cantumkan, tapi kalo enggak pernah, yaudah gapapa. Kamu boleh buat daftar.
      Anyway, aku udah ga pake line jadi sorry ya kalo tidak ada balasan hehe.

      Hapus
  57. Hai kak,aduh maaf nih...baru baca exeprience kakak tuh di 2020. Aku tuh mau nyoba SM Global audition kak,nah aku jg udh denger banyak banget experience orng² yng udh ikutan audisi,yaa aku ngertii si gimana sistem nya. Tapi aku mau bantu temen muslim ku nih kak,dia pengen nyoba,but dia itu berhijab,nah kata nya dia nih "SM bisa mendebutkan solois cewe yang berhijab" lebih rincinyaa *kalau debut bisa pake hijab*
    So,aku bingung tuh kak hehe,karena setau aku nih kalau mau jadi Idoll,Kpop kan ga ada yg make hijab kan? Nah yang pengen aku tanyaain ke kakak "Waktu audisi ad yang make hijab atau nga? Dan kalau seandainya lolos audisi hijab diperbolehkan dipakai atau tidak kak?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dear, seperti yang udah aku jawab di comment diatas yaaa (kamu bisa scroll up), saat audisi diperbolehkan untuk memakai hijab, tidak masalah. Tapi, kalo udah lolos, aku ga tau apakah hijabnya masih boleh dipakai atau enggak. Nanti pasti ada pembicaraan lebih lanjut dari pihak SM dengan kamu dan keluarga kamu. Semoga membantu ya jawabanku.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer